Thursday, December 22, 2016

Cara Setting Modem Wireless D Link Dir 600

Cara Setting Modem Wireless D Link Dir 600


Cara Setting Modem Wireless D-Link Dir 600 - Untuk tutorial jaringan kali ini kita akan belajar bagaimana mengaktifkan atau setting atau install Wireless khususnya pada modem. Dengan pengaturan atau instalasi tersebut kita akan mengaktifkan jaringan wireless yang tersedia pada sambungan internet modem yang dimiliki. Tidak terlalu sulit sebenarnya, namun kita tetap membutuhkan panduan bagaimana cara setting tersebut.

Yang akan digunakan sebagai panduan kali ini adalah pada "Modem D-Link Dir 600", jadi jika anda semua ingin tahu lebih banyak mengenai pengaturan atau cara mengaktifkan wireless modem ini anda bisa membaca panduan langkah-langkah yang akan diberikan di bawah ini. Mudah-mudahan panduan cara install program ini bisa berguna bagi kita yang membutuhkan.

Menurut beberapa sumber dan pengalaman, D-Link Dir 600 adalah salah satu modem yang memiliki kemampuan terbaik yaitu dalam mengantarkan pancaran sinyal jaringan internet dengan mode wireless. Selain itu, modem ini juga dapat digunakan sebagai modem biasa untuk keperluan internet secara LAN. Jadi dia memiliki dual fungsi atau fungsi ganda yaitu dapat menjadi media koneksi internet secara internal sekaligus sebagai pemancar sinyal jaringan wireless atau router.

Nah, jika anda memang sedang mencari panduan atau langkah bagaimana melakukan setting atau install perangkat D-Link Dir 600 ini anda bisa mengikuti langkah yang akan diuraikan berikut. Cara Setting Modem Wireless D-Link Dir 600 akan disertai dengan gambar, berikut selengkapnya.

Cara Setting Modem Wireless D-Link Dir 600

Pertama-tama pastikan bahwa modem dir 600 dalam keadaan hidup dan terhubung dengan komputer menggunakan mode LAN. untuk jaringan internet nya dari modem penyedia jaringan. 

Setelah modem terkoneksi dengan PC atau Laptop buka media browser anda. Masukan alamat default modem pada address bar browser. alamat IP nya yaitu 192.168.0.1, lalu anda akan masuk pada menu login seperti gambar berikut : 

Gambar Menu Login Modem

Masukkan username dan password Username = Admin dan Password = (kosong). Anda dapat merubah Username dan Password yang anda inginkan, Modem ini juga bisa di reset apabila anda dengan tidak sengaja lupa dengan username dan password anda. Kemudian anda akan masuk ke menu utama dari Dir 600. 

Gambar Menu Utama Dir 600

Pilih Wireless pada menu bagian kiri. Jangan lupa baca juga: cara update manual antivirus avira


Sampai disini kita sudah melakukan beberapa tahap untuk Cara Setting Modem Wireless D-Link Dir 600, selanjutnya klik Manual Wireless Connection Setup. Lalu centang enable.



Pada menu Wireless Network Setting. Centang Enable wireless. Masukkan nama jaringan Wi-Lan (disini sengaja kami tutupi) misalnya Kutikom. Beri centang enable auto chanel selection. Transmition rate pilih Best (automatic) (Mbit/s). Hilangkan centang Enable Hiden Wireless. 

Selanjutnya, pada menu wireless security mode pilih Enable WPA/WPA2 Security (enhanced). 



Kenapa harus Enable WPA/WPA2, karena mode security ini telah mendukung berbagai keyword yang nantinya akan dijadikan password dengan jumlah digit yang lebih banyak dibandingkan mode Enable WEP yang masih bersifat basic. 

Selanjutnya pada menu WPA/WPA2, Cipher Type = AES atau TKIP (kami disini menggunakan TKIP karena berdasarkan pengalaman type cipher ini lebih bagus koneksi jaringannya dibandingkan mode AES. PSK /EAP = PSK. Network Key = password wireless (kami sengaja menghitamkan karena bisa anda masukkan nama password apa saja) 



Lalu Save. Maka modem akan secara otomatis restart dan menyimpan konfigurasi anda.

Sampai disini anda sudah menyelesaikan proses Setting Modem Wireless D-Link Dir 600 yang anda miliki. Semoga dengan panduan dan langkah-langkah yang dijelaskan di atas anda bisa lebih mudah dalam melakukan proses install modem wireless yang anda miliki. 

Go to link Download