Friday, April 21, 2017

Cara Mudah Membuat Daftar Isi Microsoft Word 2007

Cara Mudah Membuat Daftar Isi Microsoft Word 2007


Cara Mudah Membuat Daftar Isi Microsoft Word 2007 - Kebanyakan dari kita jika mengetik karya tulis, makalah atau karya ilmiah lainnya biasanya membuat daftar isi dengan cara manual yang sedikit merepotkan. Sebenarnya, dalam Microsoft Word 2007 sudah ada fasilitas khusus untuk membuat daftar isi yang kita butuhkan.

Memang ada, sudah dari dulu juga ada fasilitas daftar isi tersebut namun kebanyakan dari kita tidak mengetahui atau tidak tahu cara menggunakannya. Pada tutorial kali ini akan kita bahas langkah-langkahnya agar kita semua tahu bagaimana Cara Membuat Daftar Isi Word 2007 tersebut.

Jika anda mau belajar sebentar sebenarnya untuk membuatnya tidaklah sulit dan ribet namun tentu anda dalam hal ini harus mengetik sesuai sistem atau aturan yang dipakai dalam Microsoft Word tersebut. Anda hanya harus belajar sebentar dari panduan berikut, mencobanya sendiri dan setelah itu pasti anda bisa dengan mudah membuat daftar isi otomatis dari word 2007 tersebut.

Pernahkah Anda kesulitan membuat halaman daftar isi? dimana titik-titiknya selalu tidak rata kanan dan berantakan. Itulah sebabnya anda bisa menggunakan Cara Mudah Membuat Daftar Isi yang akan dijelaskan disini. Mau tahu caranya? Berikut penjelasan selengkapnya.

1. Pertama-tama kamu blok dulu kata-kata yang ingin dijadikan daftar isi, misal "Bab 1 Pendahuluan", setelah itu pada tab menu atas Ms. Office anda pilih menu References. 

2. Setelah masuk di References, pada sub menu Table Of Content di pojok kiri atas ada Add Text, nah anda klik saja, disitu ada level 1 sampai 3, anda pilih kalimat mana yang akan anda jadikan sebagai level 1, 2 atau 3.

Maksudnya level itu adalah penempatan kalimat tersebut dalam daftar isi nantinya. Silakan lihat gambar berikut untuk lebih jelasnya : 

Cara Mudah Membuat Daftar Isi Microsoft Word 2007

Perhatikan penempatan level-nya di daftar isi. Semakin besar level semakin ke kanan

3. Setelah level anda atur, anda cari halaman kosong untuk daftar isinya. Setelah itu klik Table Of Contents, sudah jadi kan daftar isinya.

Pemberian halaman di kanan itu otomatis sesuai dengan di halaman berapa judul ditulis. Pada contoh di atas Bab I Pendahuluan saya taruh di halaman 1, maka secara otomatis pada daftar isi setelah titik-titik itu tertulis 1. Anda bisa menggantinya secara manual dengan memblok hanya pada halaman setelah titik-titik itu, ingat diblok, jangan cuma meletakkan kursor didepan angkanya kemudian anda delete.

Cara manual ini sangat cocok jika anda ingin mengganti halamannya dengan huruf, misal untuk Halaman Judul dikasih i, kemudian Halaman Pengesahan anda kasih ii, daftar isi anda kasih iii dan sebagainya. Atau anda juga bisa menggantinya secara otomatis yaitu dengan menaruh tulisan yang diblok paling atas itu pada halaman selain 1, misal halaman 2, setelah itu blok daftar isinya klik kanan dan pilih Update Field, pilih yang Update Entire Table, kemudian OK. Nah sudah ganti sendiri kan halaman pada daftar isinya.

Tidak begitu sulit bukan caranya? Untuk pertama kali membaca langkah-langkah di atas mungkin anda akan bingung namun anda bisa belajar mengikuti langkahnya satu demi satu dan yakin anda pasti bisa. Sebenarnya ada juga cara lain untuk membuat daftar isi seperti ini yaitu dengan menggunakan sistem tabulasi manual.

Untuk saat ini anda bisa belajar menggunakan cara ini saja, lain waktu akan saya bahas juga cara alternatif yang juga cukup mudah dalam menyisipkan daftar isi. Pastikan anda selalu berkunjung ke website ini untuk berbagai panduan komputer artikel ms word 2007, cara membuat halaman daftar isi, Tutorial Microsoft Word 2007 lainnya. Trims

Go to link Download