Wednesday, June 28, 2017

Cara Mudah Menghafalkan Sesuatu

Cara Mudah Menghafalkan Sesuatu


Cara mudah menghafalkan sesuatu, kenapa sesuatu ? karena artikel cara menghafal kali ini tidak di spesifikkan menghafal rumus matematika, menghafalkan alquran, menghafal materi sekolah, menghafal angka-angka atau lainnya sebagainya melainkan artikel kali ini mengenai bagaimana mengasah otak agar cepat menghafalkan apa yang kita inginkan.

Menghafal merupakan sebuah proses merekam sesuatu untuk disimpan dalam memori otak kita agar sewaktu-waktu kita membutuhkan dapat mengingatnya kembali secara utuh. Cara menghafal tiap orang berbeda-beda, ada yang bisa menghafal di suasana ramai atau ditemani mendengarkan musik ada yang harus ditempat sepi agar tidak mengganggu konsentrasi.

cara cepat dan mudah menghafal

Bagaimana cara mudah menghafal dengan baik ?

1. Mnemonic
Apa itu mnemonic? mnemonic adalah teknik / cara menghafal yang lebih bersifat abstrak. Jadi dalam  teknik menghafal ini caranya yaitu dengan mengubah kata abstrak menjadi sebuah benda nyata yang dapat dibayangkan.

Cara menghafal dengan tipe sistem Mnemonic dapat dibagi menjadi 2, yaitu :
a. Sistem gambaran.
Sistem gambaran meurakan teknik menghafal abstrak dengan cara menggambarkan kata-kata abstrak tersebut menjadi nyata

Contoh sistem gambaran :
Yogyakarta dapat digambarkan dengan Borobudur.

Jakarta akan lebih mudah kita ingat dengan menggambarkan Jakarta menjadi monas.
Gembira dapat digantikan dengan menggambarkan orang yang sedang bergembira.

b. Sistem persamaan bunyi.
Sistem persamaan bunyi merupakan teknik menghafal abstrak berdasarkan pada bentuk persamaan bunyinya.

Contoh sistem persamaan bunyi :
Irak akan lebih mudah diingat jika kita mengggantinya dengan mencoba mengingatnya dengan kata rak
sedang singapura lebih mudah kita ingat dengan cara mengingat kata singa

2. Memory Sport
Otak manusia itu seperti otot. Jadi, apabila kita rajin berolahraga / rajin mengolahragakan otot-otot kita, tentu otot kita juga akan menjadi lebih kuat. Tidak berbeda jauh dengan otak kita,jika  kita rajin mengolahragakan otak, maka otak kita pun akan menjadi lebih kuat. Sebaliknya, jika kita malas dan tidak pernah mau mencoba mengasah otot / otak kita, tentu kemampuan keduanya juga akan melemah..

Cara mengasah otak kita? salah satu cara mengsah otak kita yaitu dengan cara memory sport. Anda tentu tahu TTS (teka teki silang usahakan sesering mungkin untuk mengisi TTS, semakin banyak kita belajar/mengisi TTS, maka akan semakin bagus hasilnya. Inilah salah satu cara paling mudah dan murah untuk mengolahragakan otak kita. Dengan mengisi TTS tersebut, secara tidak langsung otak anda akan menjadi sangat terasah untuk dapat mengolah kata dan mengingat.


3. Story Sistem
Story system adalah teknik mengingatsegala  informasi dengan menggunakan cara menghubungkan informasi satu dengan informasi lainnya agar dapat dijadikan sebuah cerita.

Contoh Story system :
Misalnya saja, ada beberapa kata yaitu burung – baju – awan – coca cola – gunung – kelinci – pistol – buaya – pohon – kawah

Bandingkan rentetan kata-kata yang harus dihafalkan diatas dengan kalimat dibawah.

Burung memakai baju, terbang ke awan minum coca cola, terbang lagi ke gunung dan bertemu kelinci yang membawa pistol untuk menembak buaya yang tidur dibawah pohon di dekat kawah.

Bagaimana ? lebih mudah menghafalkan yang berbentuk kalimatkan ?

4. Relation Sistem
Relation sistem merupakan salah satu teknik mengingat informasi dengan cara menghubungkan informasi yang satu dengan informasi yang lainnya secara aksi. cara ini sangat sering digunakan untuk menghafal sebuah kalimat yang berpasangan seperti nama sungai dan provinsinya, nama negara dan ibu kotanya, vocabulary dan berbagai jenis kalimat berpasangan lainnya.


Contoh relation sistem :
Kuda menabrak tong
Andi makan rujak

Dari contoh tersebut, kita bisa melihat bahwa kata menabrak dan makan adalah relation sistem aksi. Aksi tersebut berfungsi untuk kalimat utama pemicu agar dapat menarik dan memperjelas informasi yang ada didepannya. Sehingga informasi yang terletak didepannya tidak akan lupa

Itulah 4 cara mudah menghafalkan sesuatu yang +Doa doel lansir dari google. Selamat mencoba.

Cara menghafal - menurut pengalaman pribadi.

sebelum admin tau keempat cara tadi admin juga sudah pernah mengalami proses hafal menghafal saat admin masih duduk di bangku sekolah dulu, menghafalkan pelajaran-pelajaran sekolah karena akan diadakannya ujian

Bagaimana cara menghafal menurut admin ?

Dulu admin lebih suka belajar pada waktu sepertiga malam terakhir yaitu jam 03.00 pagi setelah bangun tidur, cara yang dianjurkan oleh orang tua dan menurut saya memang sangat ampuh. keadaan otak yang masih kosong karena baru bangun tidur suasana yang sepi sehingga kita dapat berkonsentrasi dengan penuh untuk menghafalkan.

Jangan cuma sekali, lakukanlah proses menghafal secara berulang-ulang. misal hari ini kita menghafalkan a maka besok kita mengulang menghafal A dengan ditambah B, besoknya lagi kita menghafalkan A, B dan C begitu seterusnya agar informasi yang ingin kita hafalkan tercetak jelas dalam rekam otak kita.

INGAT !! tidak ada orang bodoh dimuka bumi ini yang ada orang yang terlatih dan tidak terlatih, itulah sebuah wejangan yang selalu saya pegang teguh agar tetap bersemangat dan mau bersaing dengan orang lain.

Demikian artikel Cara mudah menghafal yang bisa admin berikan semoga bermanfaat dan teruslah mencoba.


Go to link Download