Saturday, January 14, 2017

Cara Semat Baris Dan Kolom Di Microsoft Excel 2007

Cara Semat Baris Dan Kolom Di Microsoft Excel 2007


Beberapa waktu yang lalu saya dibuat bingung dengan fitur dari Microsoft Excel 2007 mengenai semat baris maupun kolom. Mendapatkan sebuah file excel namun ketika discroll ke bawah ada beberapa baris yang tidak bergerak saat discroll. Begitu pula pada saat scroll ke samping, ada beberapa kolom yang tidak ikut bergerak.
Mencari bagaimana caranya dengan beberapa kata kunci di google, tetap tidak menemukan bagaimana cara melakukan hal seperti itu. Dan setelah sekian lama secara tidak sengaja saya menemukan nama fiturnya, yaitu bernama Freeze Panes. Fitur tersebut terletak di menu View di excel.

Cara Kerja Freeze Panes

Dengan menggunakan fitur freeze panes, kita dapat menyemat kolom, baris, ataupun kolom dan baris. Biasanya ini dilakukan untuk sebuah tabel, misalnya tabel nilai. 
Karena saking panjangnya ke bawah maupun ke samping, pada saat kita melihat isi tabel di bagian bawah atau samping dan sudah jauh dari nama kolom atau barisnya, kita lupa sebenarnya nilai yang kita baca itu nilai apa. Sehingga kita perlu scroll lagi halaman ke atas atau ke samping.
Dengan freeze panes ini, kita dapat menyemat misalnya baris nama nilai, atau kolom nama siswa. Sehingga kita tidak perlu untuk kembali lagi scroll ke atas atau ke samping awal. Dari yang saya katakan diatas bahwa freeze panes ini dapat menyemat hanya kolom, hanya baris, atau baris dan kolom.

Menu Freeze Panes

Freeze panes ini memiliki tiga menu,
  1. Freeze Panes
  2. Freeze Top Row
  3. Freeze First Column
Menu Freeze Panes
Freeze Panes
Hasil Menu Freeze Panes
Hasil Freeze Panes
Gambar kedua adalah tampilan ketika discroll ke samping dan kebawah, maka ada dua baris yang tidak ikut discroll dan satu kolom yang tidak ikut discroll.
Menu pertama adalah menu freeze panes. Menu ini sangat berkaitan sekali dengan cell yang sedang aktif. Pada gambar diatas cell yang aktif adalah cell B3. Jika kita klik menu Freeze Panes maka yang akan disemat adalah kolom sebelumnya (Cell A1-A2, B1-B2, C1-C2, dan seterusnya) dan baris sebelumnya (Cell A1, A2, A3, dan seterusnya) seperti yang ditunjukan oleh gambar kedua.
Menu kedua adalah Freeze Top Row. Dari kata-katanya dapat kita ketahui bahwa menu tersebut menyemat baris pertama di excel (Cell A1, B1, C1, dan seterusnya).
Menu ketiga adalah Freeze First Column. Menu ini menyemat kolom pertama dari lembar kerja excel (Cell A1, A2, A3, ... dan seterusnya).
Sekian saja mengenai fitur Freeze Panes yang ada di microsoft excel 2007, selamat mencoba dan semoga berhasil serta bermanfaat. Jangan lupa komentarnya ya..

Go to link Download