Tuesday, February 7, 2017

Cara Mengubah Ponsel Menjadi Modem

Cara Mengubah Ponsel Menjadi Modem


Cara Menjadikan Hp Android Sebagai Modem

Seiring dengan perkembangan zaman yang semakin modern maka kebutuhan informasi merupakan salah satu kebutuhan pokok yang menjadi konsumsi setiap harinya. Media digital merupakan alternatif bagi kita yang membutuhkan kemudahan dalam mengakses informasi. Hal tersebut tentu membutuhkan koneksi internet agar kita bisa mengakses media online maupun situs lainnya. Tak bisa dipungkiri lagi bahwa internet merupakan salah satu hal pokok dan sangat vital dalam mendukung perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berkembang setiap harinya.

Sementara itu di negara kita tercinta, Indonesia masih memiliki akses internet yang lambat, Hal itu akan kita rasakan di daerah-daerah yang berada di pedalaman. Selain itu biasa akses internet juga tergolong mahal. Padahal internet merupakan hal vital agar bisa mendorong perkembangan teknologi.
ilustrasi
Nah, kali ini saya akan membahas tentang cara menjadikan Hp Android sebagai Modem, Bukan android namanya jika tidak memiliki fitur-fitur canggih. Sebagai OS yang hampir digunakan dalam kebanyakan smartphone android memiliki kemampuan-kemampuan yang hebat. Jutaan aplikasi tersedia di google play dan sebagian besar tersedia secara gratis. Hal itu dikarenakan OS android sedang booming dan banyak sekali para developer game dan aplikasi berlomba-lomba membuat aplikasi yang canggih.
Untuk menjadikan Hp Android sebagai modem sangatlah mudah, Kita hanya perlu melakukan beberapa langkah-langkah berikut ini. Tentunya alat-alat yang kita perlukan adalah seperangkat HP Android yang memiliki koneksi internet. Tentu kita harus memiliki koneksi internet agar HP android bisa menjadi modem. Sebenarnya ada beberapa alternatif untuk menjadikan HP android sebagai modem, Untuk berselancar di dunia maya dengan laptop maupun komputer, HP android bisa digunakan dalam mode Wifi, Bluetooth dan dengan kabel data. Namun untuk yang paling mudah yaitu dengan memanfaatkan fitur Wifi yang tersedia di dalam setiap Hp Android. Apalagi saat ini sebagian besar HP android memiliki dukungan akses data yang cepat dan tidak kalah dengan modem yang biasa kita gunakan untuk PC.
Nah kali ini saya mencoba menggunakan Hp Samsung Galaxy Y Neo Duos S5312 sebagai pemancar hotspot dengan memanfaatkan Wifi.
  1. Pertama buka menu pengaturan nirkabel dan jaringan ==> pilih pengaturan lainnya
  2. Pilih Tethering and portable hotspot
  3. Pilih Hotspot Wifi
  4. Lakukan Konfigurasi wifi di Ponsel ==> Isi nama SSID jaringan dan password wifi

  5. Nyalakan laptop dan scan jaringan yang tersedia
  6. Lalu koneksikan laptop dengan Wifi yang tersedia
  7. Jika anda berhasil maka laptop sudah siap digunakan untuk berselancar di dunia maya.Jika masih tidak bisa coba restart ponsel dan laptop Anda.
Selamat mencoba. Semoga bermanfaat

    Go to link Download