Friday, February 3, 2017

Cara paling mudah membuat kabel jaringan

Cara paling mudah membuat kabel jaringan


UTP
Ada dua jenis kabel LAN yang biasa digunakan oleh para pengguna jaringan komputer yakni kabel Straight dan Kabel Cross. Kabel Straight merupakan kabel jaringan yang memiliki cara pemasangan sama antara ujung yang satu dengan ujung yang lainnya dan digunakan untuk menghubungkan dua device yang berbeda. Sedangkan Kabel Cross merupakan kabel jaringan yang memiliki cara pemasangan yang berbeda antara ujug yang satu dengan ujung lainnya dan digunakan untuk menghubungkan dua device yang sama.

Untuk membuat sebuah kabel jaringan baik yang berjenis Straight maupun Cross, ada beberapa peralatan yang akan digunakan untuk membuat kabel jaringan tersebut yakni Kabel UTP, Tang Krimping, LAN Tester dan RJ45.


Kabel UTP
Kabel UTP
Krimping Tool
Krimping Tool

LAN Tester
LAN Tester
RJ45
RJ45
Gambar di atas adalah ilustrasi beberpa peralatan yang dibutuhkan untuk membuat sebuah kabel jaringan.  cara membuatnya silahkan simak pembahasannya di bawah ini.

Kabel Straight
Pertama-tama siapkan kabel UTP, kelupas kedua ujung kabel sekitar 2 cm sehingga kabel di dalam yang berjumlah 8 biji tersebut kelihatan. Pisahkan dan luruskan kabel-kabel tersebut kemudian susun berdasarkan tabel warna di bawah ini. Setelah kabel tersusun rapi, masukkan kabel tersebut ke dalam connector RJ 45 dengan susunan kabel Pertama (Orange Putih) berada paling kiri, usahakan agar semua kabel tersentuh pada bagian ujung konektor. Jepit Connector RJ45 menggunakan Krimping Tool sampai betul-betul kuat pada kedua ujungnya.



Ujung 1 Ujung 2
Orange PutihOrange Putih
OrangeOrange
Hijau PutihHijau Putih
BiruBiru
Biru PutihBiru Putih
HijauHijau
Cokelat PutihCokelat Putih
CokelatCokelat

Posisi Kabel Pada Connector RJ45

Kabel Cross
Untuk kabel cross langkahnya sama seperti pada kabel Straight, perbedaannya hanya pada susunan kabelnya saja. Pada ujung 1 susunannya sama dengan kabel straight tetapi pada ujung 2 silahkan lihat pada tabel warna kabel cross di bawah ini. Untuk teknis pemasangannya sama, tidak ada bedanya sama sekali.

Ujung 1 Ujung 2
Orange PutihHijau Putih
OrangeHijau
Hijau PutihOrange Putih
BiruBiru
Biru PutihBiru Putih
HijauOrange
Cokelat PutihCokelat Putih
CokelatCokelat

Penutup / Kesimpulan
Kesimpulannya adalah jika sobat membuat kabel jaringan bertype Straight maka susuan kabel pada kedua ujungnya adalah sama. Sedangkan pada kabel jaringan bertype Cross, susunan kabel pada kedua ujungnya berbeda.

Uji keberhasilan anda membuat kabel jaringan tersebut dengan menggunakan LAN TESTER. Jika yang diuji adalah kabel Cross maka Led yang menyala nantinya adalah 1,2,3,6 akan saling bertukar atau nyalanya lompat-lompat tapi yang pasti Led dari 1 sampai 8 harus menyala menandakan kabel berhasil dibuat. Jika yang diuji adalah kabel Straight maka Led akan menyala secara berurutan.

Jika sobat tidak memiliki LAN TESTER untuk menguji kabel jarigan, maka sobat bisa langsung memasang kabel tersebut pada Port LAN komputer/PC jika lampu indikator LAN pada CPU menyala maka itu artinya sobat telah berhasil membuat sebuah kabel jaringan.

Demikian Tutorial sederhana tentang cara mudah membuat kabel jaringan, Semoga ada manfaatnya bagi kita semua.

Go to link Download